Jumat, 10 Mei 2013

SISTEM INFORMASI

INFORMASI PERUSAHAAN

      Devinisi informasi adalah data yang memiliki arti dan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan bagi meraka yang belum tau sama sekali.

Persaingan di bidang bisnis pada masa sekarang meningkatkan kebutuhan manajemen akan informasi. Manajemen membutuhkan informasi yang akurat dan cepat yang disajikan dalam bentuk yang informatif sebagai dasar pengambilan keputusan. Informasi yang dibutuhkan berasal dari lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Penguasaan terhadap informasi yang berasal dari kedua lingkungan tersebut sangat penting dalam menentukan strategi yang tepat dalam persaingan bisnis yang sedang terjadi.

      Informasi yang berasal dari lingkungan internal didapat dengan melakukan pemrosesan terhadap dokumen-dokumen yang digunakan sebagai pencatatan dan bukti transaksi yang terjadi. Menurut Chuck Williams dalam bukunya yang berjudul Manajemen, informasi akan bermanfaat jika akurat, lengkap, relevan, dan tepat waktu. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari informasi yang berasal dari lingkungan internal dibutuhkan suatu mekanisme pemrosesan yang memenuhi komponen tersebut. Solusi yang tepat untuk masalah ini adalah dengan menggunakan sistem informasi yang tepat.

      Selain untuk kebutuhan manajemen, sistem informasi yang tepat dibutuhkan juga untuk memperlancar proses bisnis yang ada di dalam perusahaan. Sistem informasi yang terpusat dan digunakan oleh setiap bagian yang ada di perusahaan akan mempercepat pertukaran informasi yang akurat dari dan ke setiap bagian. Dengan demikian, proses bisnis yang terjadi di dalam perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Melihat permasalahan dan solusi yang dijelaskan di atas, pperusahaan membutuhkan sistem informasi yang dapat melakukan proses data menjadi informasi yang akurat, lengkap, relevan, dan tetap waktu.



Ada pula bentuk sumber daya yang di kelola oleh seorang manajement antara laian

1         Sumber daya manusia (SDM)

2         Material

3         Mesin

4         Uang

5         Informasi

Beberapa sumber di atas dapat di jelaskan

Sumber daya manusia  adalah suatu ilmu yang mengatur hubungan dan peranan sumber daya yang di miliki seorang individu secara efektif dan efisien serta dapat di gunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan bersama perusahaan,sehingga karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.

SDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis.Kajian MSDM menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.

Unsur SDM adalah manusia Manajemen sumber daya manusia juga menyangkut desain dan implementasi sistem perencanaan, penyusunan karyawan, pengembangan karyawan, pengelolaan karier, evaluasi kinerja, kompensasi karyawan dan hubungan ketenagakerjaan yang baik. Manajemen sumber daya manusia melibatkan semua keputusan dan praktik manajemen yang memengaruhi secara langsung sumber daya manusianya.

Sumber keuangan seorang manajement adalah salah satu bidang untuk memepelajari tentang keuangan suatu perusahaan,di dalam suatu perusahaan ada pendapatan dan pengeluaran yang hukumnya wajib di pelajari,setiap pengluaran atau pendapatan yang di gunakan itu harus sesuai dan seimbang jadi antara pendpatan dan pengluaran tidak boleh berselisih,karena kalau pendapatan dan pengeluaran tidak seimbang makan perusahaan tersebut akan terancam ,bias dikatan akan melangalami kerugian,sekecil apapu pengeluran tersebut harus di perhitungkan dengan jelas,karena sedikit kesalahan akan berakibat hancurnya perusahaan tersebut.

Sumber infomasi manajement dalam perusahann adalah Informasi adalah salah satu sumber utama dari perusahaan, dan ia dapat dikelola seperti halnya sumber-sumber lain. Informasi adalah sumber konseptual yang mana menggambarkan sumber-sumber fisik yang harus dikelola oleh manajer. Jika skala operasinya terlalu besar untuk diobservasi, maka manajer dapat memonitor sumber-sumber fisik dengan mengunakan informasi yang menggambarkan atau mewakili sumber-sumber tersebut.

Elemen elemen lingkungan perusahaan

      Dalam dunia usaha terdapat banyak hal yang berpengaruh terhadap kesinambungan dunia usaha pada suatu daerah tertentu. Variable-variabel di bawah ini secara tidak langsung memberi efek pada suatu perusahaan. Setiap perusahaan memiliki resistansi atau daya tahan masing-masing terhadap setiap faktor yang berbeda-beda

Faktor lingkungan yang mempengaruhi dunia usaha secara tidak langsung ini berada di luar dari elemen pihak internal dan eksternal yang telah dijelaskan pada artikel bagian lain. Secara bersamaan dengan faktor internal dan eksternal dengan faktor lingkungan mempengaruhi kondisi dunia usaha

Variabel Sosial

Faktor demografik/demografis  seperti jumlah, komposisi, dan pertumbuhan penduduk suatu wilayah atau area.

Faktor gaya hidup selera masyarakat, trend yang sedang digandrungi, dan lain sebagainya.

Faktor nilai sosial adat-istiadat, norma yang berlaku, kebiasaan, dan lain-lain.

Variabel Ekonomi

Berkaitan erat dengan indikator ekonomi yang bersifat umum mengukur tabungan, investasi, produktivitas, lapangan kerja, kegiatan pemerintah, transaksi perdagangan internasional, pendapatan, produk nasional dan lain sebagainya.

Variabel Politik

Faktor-faktor yang terkait dengan kondisi atau iklim perpolitikan di suatu daerah.

Variabel Teknologi

Kemajuan di bidang teknologi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu yang terkadang sangat cepat sangat mempengaruhi dunia usaha. Perusahaan yang statis dan tidak mengikuti perkembangan teknologi cenderung tertinggal dibandingkan dengan perusahaan yang terus menerus melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usah menjadi lebih efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Friends