Rabu, 14 Maret 2012

soal no 3


SOAL
      3. Sebutkan tahapan tahapan Analisis lingkungan (IFAS dan EFAS) dan sebutkan langkah-langkah menganalisis faktor srategi internal dan eksternal
JAWABAN:
Tahapan tahapan
A.    Analisis lingkungan (IFAS dan EFAS)
a.       menganalisis faktor srategi internal dan eksternal
langkah langkahnya sebagai berikut
1.menginventarisasi faktor internal yang mempengaruhi pencapaian goals/sasaran
2.menginventarisasi faktor eksternal yang mempengaruhi pencapaian goals/sasaran
3.membuat matriks faktor strategi internal (IFAS=internal strategic factors analiysis summary) dan matriks faktor strategis eksternal (EFAS=Eksternal strategic factors analylisis summary)
4.membuat matriks ruang (space matriks)
5.menyusun strategi
B.Strategi perusahaan
           Strategi adalah :ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijakan tertentu dalam perang maupun damai.
          Manajemen strategi adalah :seperangkat keputusan dan tindakan yang di gunakan untuk memformulasikan dan mengimplementasikan srategi strategi untuk mencapai sasaran oragnisasi.
Strategi besar di bedakan menjadi 3 kategori yaitu:
1.pertumbuhan (growth)
            2.stabilitas(stability)
3.pemangkasan(retrenchment)
Strategi global juga di bedakan menjadi 3 yaitu:
1.strategi globalisasi(globalization strategy)
2.strategi multidomestik(multidomestic strategy)
3.strategi transnasional(transnational strategy)
I.Tingkatan strategi de bedakan menjadi tiga yaitu:
1strategi tingkat perusahaan (coporate strategy)
2.strategi tingkat bisnis(business strategy)
3.strategi tingkat fungsional(functional strategy)
II.proses manajemen strategi
Ada lima tahapan dalam proses manajemen
1.menetapkan arah dan misi organisasi
2.memahami lingkungan internal dan eksternal
3.memformulasikan strategi
4.mengimplementasikan strategi
5.mengevaluasi dan mengawasi strategi
C. proses bisnis
Proses bisnis adalah: suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu.
Karakteristik proses bisnis yaitu:
1.definitif
2.urutan
3.pelanggan
4.nilai tambahan
5.keterkaitan
6.fungsi silang
D.STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi adalah: spesifikasi dari aktivitas aktivitas kerja serta menunjukan bagaimana fungsi atau aktivitas aktivitas yang berbeda berkaitan satu sama lain dalam suatu organisasi.
1.fungsi struktur organisasi
2.pengorganisasian
3.dimensi pengorganisasian
4.fungsi pengorganisasian
5.proses pengorganisasian
E.JOB ANALYSIS
Job analysis adalah:karakteristik karyawan yang di perlukan untuk melakukan suatu pekerjaan.
Adapun yang melakukan job analysis
1.staf personalia
2.atasan langsung
3.konsultan     
Metode pengumpulan informasi
a.pengamatan
b.wawancara
c.pandangan jabatan
d.daftar pertanyaan
e.catatan harian karyawan
Informasi yang dapat di kumpulkan dalam analisis jabatan
1.informasi mengenai pekerjaan itu sendiri
2.informasi mengenai hasil keluaran kegiatan pekerjaan produk atau jasa
3.informasi mengenai kondisi kerja
4.informasi mengenai persyaratan manusiawi untuk pekerjaan.
Kegunaan informasi analisis jabatan
a.perancanaan dan pengadaan SDM
b.rekrutmen dan sleksi SDM
c.orientasi
d.memberikan data sebagian
e.pengmbangan karier
f.penilaian kerja
F.ASPEK LEGAL BISNIS
Hal hal yang perlu di perhatikan terkait pihak pelaksanaan bisnis.
a.identitas pelaksanaan bisnis
b.bidang usaha
c.lokasi
d.waktu pelaksanaan
UUD RI NO 5 1991 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat
1.pengertian (pasal 1)
2.tujuan(pasal 3)
3.perjanjian yangdi larang (pasal 4)
a.oligopoli
b.penetapan harga
c.pembagian wilayah
d.pemboikotan
e.kartel
f.trust
g.oligopsoni
h.intregasi vertical
i.perjanjian tertutup
UUD RI NO 8 TH 1991 tentang perlindungan konsumen
Perlindungan konsumen adalah: segal;a upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk member perlindungan kepada konsumen.
Pasal  3 ayat  5
Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Friends